Minggu, 14 Oktober 2012

Perkembangan Janin Umur 21W dalam Kandungan

Your Baby

Bayi Ibu sekarang sudah lewat setengah perjalanan ya. Selamat ya Bu, tetap dijaga akndungannya sampai datangnya waktu yang ditunggu-tunggu nanti ya.

Berat bayi sekarang sudah sekitar 340 gram dan panjangnya 20 cm (kira-kira sepanjang wortel). Gerakannya sangat aktif seperti sedang mempraktekan ilmu silat. Kadang-kadang gerakannya lemah, tapi sekali-kali gerakannya sudah kuat sampai bisa mengagetkan sang Ibu. Bahkan sang Ibu sudah bisa mengenali kapan sang bayi bergerak, kapan dia tertidur, sehingga kita sebagai Ibu bisa lebih mengenalnya mulai sejak dini..

Pada perkembangannya yang lain, alis bayi dan kelopak mata bayi lebih terlihat sekarang. Jika bayi Ibu adalah seorang perempuan, alat kelaminnya (vagina) sudah mulai terbentuk sekarang.

Your Body


Alhamdulillah, banyak Ibu-Ibu yang sudah mulai merasakan kenyamanan pada kehamilan 21 minggu ini. Perut Ibu sudah terlihat menonjol namun belum terlalu besar. Ketidaknyamanan yang berkaitan dengan awal kehamilan sudah sebagian besar sirna. Jika Ibu sudah merasa baikan, rileks ya dan nikmati masa kehamilan ini.

Tapi bukan berarti bahwa Ibu tidak akan merasakan gangguan kecil yang lain loh. Misalnya produksi minyak yang meningkat mungkin akan menimbulkan jerawat. Jika kasus ini dialami oleh Ibu, bersihkan wajah dengan sabun yang lembut paling tidak dua kali sehari, dan pastikan alat kosmetik yang Ibu pakai bebas dari minyak (oil free). Sepertinya Ibu tidak perlu untuk menkonsumsi obat karena beberapa obat jerawat berbahaya untuk Ibu dan janin, apalagi jika Ibu mengkonsumsinya tanpa berkonsultasi dahulu dengan dokter. Nikmati masa kehamilan yang cuma sekitar 40 minggu ini, tetap afirmasikan ya bahwa kehamilan itu bukan sakit, teruslah sehat dan senang sampai proses melahirkan nanti, biar baby-nya terus bahagia.


Pengalaman saya


22 September 2012, saya mengikuti ujian sidang untuk tesis saya. Ujian yang berlangsung dua jam dalam umur kehamilan 21 minggu ini seperti di ruang operasi. Bukan tubuh saya yang dibelek atau di jahit dan ditambal dimana-mana, tapi lebih kepada tulisan dalam tesis saya. Sejak halaman judul sampai lampiran di buka, di belek, di betulkan, di tambal, diobati oleh empat orang dosen penguji. Syukurlah saya bisa melewatinya dengan penuh perjuangan.

Sayang sekali saya tidak punya foto terkait dengan sidang saya ini. Saking deg-deg-dagannya, sampai lupa narsis. Tapi untungnya ada 1 foto disebelah, yang saya ambil sewaktu saya di Jogja pada kehamilan 20 minggu. Iseng jalan-jalan ke Mirota Batik Jogja, saya menemukan long dress batik ini. Bahannya lembut dan cocok buat Ibu hamil macam saya. Tadinya batik ini titipan teman saya, eh ternyata teman saya tidak jadi beli. Ya sudah, gak papa, buat saya saja dan bisa saya pakai pas ujian sidang. Pas sidang, Baby A juga tidak rewel, sepertinya dia terdiam dan bekerja sama baik dengan dengan Ibunya. Mendengarkan Ibunya sedang di uji di dalam ruang tertutup.

Heu, perut saya masih terlihat langsing ya? Hamil bulan pertama berat saya 51 kg, sempet turun1.5 kg ke angka 49.5 karena puasa, dan sekarang sudah naik ke angka 53. Pipi, paha, lengan saya tetap langsing. Cuma perut aja yang sedikit menggelembung.

***
Sumber: saya translate langsung dari Pregnancy, android software.
*Jika ingin mengcopy tulisan ini, silahkan menghubungi saya. Terima kasih atas pengertiannya.

***

Pemesanan nama bayi/perusahaan dapat menghubungi:
SMS/WhatsApp: 081802843438

Tidak ada komentar:

Posting Komentar