Senin, 04 Maret 2013

Ini Yang Terjadi pada Kehamilan 29 Minggu

Your Baby
Janin usia 29 minggu dalam kandungan (gambar dari sini)
Berat badan janin sekarang 1.134 gram dengan panjang lebih dari 38,1 cm. Otot-otot dan paru-parunya terus mengalami pematangan dan kepala janin tumbuh semakin besar dengan otak yang semakin berkembang.
Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi janin, Ibu perlu mengkonsumsi banyak protein, vitamin C, asam folat, dan besi. Karena tulang-tulangnya membutuhkan banyak kalsium, konsumsilah susu dan sumber kalsium lain (keju, yogurt, jus/ee jeruk). Pada trimester ketiga ini, janin membutuhkan 250 miligram kalsium per hari untuk pertumbuhan tulangnya.


Your Body
Bentuk perut Ibu, kehamilan umur 29 minggu (gambar dari sini)
Janin anda sangat aktif sekarang. Dokter kandungan Ibu akan meminta Ibu untuk terus menghitung jumlah tendangan janin dan dokter/bidan/suster akan memandu Ibu bagaimana caranya menghitung. Jika jumlah tendangan berkurang, maka Ibu sebaiknya segera menghubungi dokter.
Ibu mungkin akan mengalami heartburn (suatu keadaan dimana Ibu merasakan ulu hatinya panas) karena ukuran janin Ibu sudah semakin membesar dan mendesak ke atas sehingga perut Ibu terasa penuh seperti terbakar. 


Pengalaman Saya
Saya & Mama hadir dalam sebuah expo lokal

Strechmark diperut mulai muncul di trimester ketiga ini. Awalnya berwarna pink lalu berubah menjadi ungu dan kemudian menghitam. Saya sendiri tidak masalah dengan kehadiran si strechmark ini. Kata orang, jika perut gatal, jangan digaruk karena akan mengakibatkan strechmark. Kemudian saya tanyakan kepada dokter kandungan saya, apakah ada pengaruh antara strechmark dan garukan pada perut. Ternyata beliau menjawab tidak ada pengaruhnya. Strechmarck muncul karena ada pengaruh genetik. Saya konfirmasi ke Mama saya, ternyata Mama juga sama-sama mendapatkan strechmark dalam dua kehamilannya. 
Kehadiran strechmark hanya bisa dirasakan oleh Ibu hamil. Nikmati kehadirannya karena inilah kenangan yang kelak akan dirindukan dari masa-masa kehamilan.
Saya kembali melakukan sebuah perjalanan darat yang panjang pada umur 29 minggu kehamilan ini. Perjalanan menggunakan kereta api yang ditempuh dalam waktu kurang lebih 8 jam. Untunglah saya menggunakan kereta api eksekutif sehingga goncangan tidak terlalu terasa. 
Pada umur 29 minggu ini, berat badan janin saya 1.489 gram. Semua kondisi normal dan jenis kelaminnya sudah terlihat jelas. Insya Allah, baby boy :)


***
Sumber: beberapa pernyataan saya translate langsung dari Pregnancy, android software dan saya kombinasikan dari sumber lain dan juga pengalaman saya pribadi.
*Jika ingin mengcopy tulisan ini, silahkan menghubungi saya dulu di armitaconsultant@gmail.com. Terima kasih atas pengertiannya.


Apabila Bapak/Ibu membutuhkan rekomendasi atau usulan unik, menarik, dan kreatif terkait dengan pembuatan nama bayi ataupun nama perusahaan, atau butuh jasa untuk menerjemahkan tulisan dari Bahasa Inggris – Indonesia (sebaliknya) bisa langsung kontak saya di:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar