Selasa, 26 Mei 2015

Nama Bayi Azril Adhiatqa Hasan

Beberapa minggu ini saya absen tidak menulis di blog. Di postingan sebelumnya, saya menceritakan bahwa saya akan melahirkan anak kedua bulan ini. Alhamdulillah, tanggal 12 Mei 2015 yang lalu, anak kedua saya lahir dengan sehat, selamat, dan sempurna. Itulah mengapa saya absen sebentar dari update tulisan di blog ini. Baby moon membuat saya sangat menikmati setiap kehangatan bersama sang new born. 

Proses persalinan anak kedua saya berjalan dengan sangat lancar dan cepat. Alhamdulillah. Mungkin karena anak kedua kali ya, jadi pembukaan demi pembukaan juga berlangsung dengan lebih cepat dibandingkan dengan anak pertama dulu, Akmal Albyaksa Hasan. Semua ini karena ijin dari Allah SWT sehingga proses persalinan tersebut menjadi sebuah pertemuan pertama dengan adik bayi yang berlangsung hangat, sakral, tenang, dan penuh cinta.

Ohya, anak kedua saya berjenis kelamin laki-laki, lahir dengan berat badan 3,2 kg dan tinggi 52 cm. Lahir pukul 04.17 di Bandung. Saya dan suami sepakat memberinya nama Azril Adhiatqa Hasan (Azril). Rasanya tidak adil ya jika saya tidak menceritakan makna dari nama anak kedua saya ini. Oke, baiklah, saya akan menjabarkan makna lengkap dari nama Azril ya seperti halnya saya menceritakan nama-nama bayi lain yang pernah saya bantu pembuatannya.

Arti per kata
Azril: Sempurna, baik, pemberi ampun (Arab)
Adhiatqa: Gabungan dari nama "Adhi" yang berarti tampan, indah, keteguhan, kebijaksanaan, pengaruh dan kekuasaan, paling, yang ter, anugerah yang baik, saudara yang lebih kecil  (Indonesia) dan "Atqa" yang berarti orang yang lebih bertaqwa (Arab)
Hasan: Baik (Arab). Hasan juga adalah nama belakang dari sang Ayah.
Makna
Anak laki-laki anugerah yang baik dari Allah SWT untuk keluarga Hasan yang sempurna dalam ikhtiarnya untuk menggapai cita-citanya, baik perangainya, sholeh, mudah memaafkan, tampan jiwa dan raganya, teguh, bijaksana, memiliki pengaruh dan kekuasaan, unggul, dan kelak bisa menjadi insan yang bertaqwa.
Nama Panggilan
Azril
Nama lengkap Azril ini sedikit banyak mirip dengan kakaknya Akmal Albyaksa Hasan. Begitupun dengan makna dari nama mereka hampir mirip. Sengaja kami pilihkan nama yang mirip untuk menunjukkan bahwa mereka adalah bersaudara dan supaya tidak ada rasa saling iri diantara mereka berdua. Mohon doanya ya rekan-rekan, supaya adik Azril sehat terus, bisa menjadi adik yang baik, anak yang berguna dan juga berbakti kepada orang tuanya. Semoga pula kelak adik Azril akan tumbuh menjadi pribadi yang sempurna, unggul, baik, dan bertaqwa seperti apa yang tersirat dalam namanya. Aamiin. 

Salam,
Armita Fibriyanti
Twitter | Instagram


Tidak ada komentar:

Posting Komentar